Jumat, 03 Desember 2010

KEUNTUNGAN DAN RESIKO INVESTASI SAHAM

Dua unsur yang melekat pada setiap modal atau dana yang diinvestasikan adalah hasil (return) dan resiko (risk). Ada timbal balik setimbang antara hasil dan resiko, umumnya apabila hasil suatu jenis investasi tinggi maka risikonya pun tinggi. Begitu juga investasi saham pada umumnya, yang memiliki resiko dan hasil yang tinggi. High risk and high return.

Dalam investasi saham, selain memperoleh kesempatan mendapatkan Dividen dan Capital Gain, Investor memiliki keuntungan dari sifat saham yang Fleksibel dan Liquid. Berikut deskripsinya:

a. Dividen, yaitu bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Oleh karena saham adalah tanda bukti kepemilikian atas emiten (perusahaan penerbit saham) maka investor/pemegang saham berhak mendapat bagian dari laba perusahaan.
b. Capital Gain, yaitu keuntungan yang berasal dari jual-beli saham berupa selisih antara harga jual yang lebih tinggi dari harga beli.
c. Fleksibel, pemegang saham dapat menjual sebagian sahamnya apabila tiba-tiba membutuhkan dana. Berbeda dengan investasi tanah, properti, emas dan sebagainya yang harus dijual secara keseluruhan.
d. Liquid, prinsip good delivery dan good fund dalam pasar modal menjamin investor mendapatkan saham dan dananya, dengan ketentuan 3 (tiga) hari setelah transaksi atau dikenal T+3.

Adapun resiko yang dapat terjadi dalam investasi saham, antara lain:

a. Capital Loss, yaitu kerugian dari hasil jual beli saham, berupa selisih antara harga jual yang lebih rendah dari harga beli.
b. Opportunity Loss, yaitu kerugian yang dapat terjadi yang diakibatkan karena perusahaan/emiten dilikuidasi, tetapi nilai likuidasinya lebih rendah dari harga saham.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko tersebut? Investor sangat dianjurkan untuk melakukan diversifikasi investasi dalam beberapa instrumen, misalnya: saham dari beberapa sektor industri, saham dan deposito atau saham dan obligasi.


Salah satu securities yg sudah online trading saham di Indonesia yg pertama adalah PT.eTrading Securities yg sudah terdaftar di BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) dan PT.KSEI (Kustodion Sentral Efek Indonesia). Di securities ini segala kemudahan bisa diberikan kepada nasabah yg tergabung di eTrading, mulai dari fee transaksi, sistem yg mudah untuk online trading secara lengkap dapat mengakomodasi segala macam tipe investor.

HOTS memenuhi seluruh kebutuhan Investor dalam berinvestasi saham dalam satu sistem terintegrasi melalui komunikasi internet (Client Base Service). Informasi pasar/Market Information disajikan secara lengkap, akurat dan seketika (real time) sehingga Investor mendapat transparansi informasi yang utuh dan terpercaya. Begitu pula adanya menu Order (Buy-Sell-Ammend-Withdraw) memungkinkan Investor melakukan transaksi secara on line, cepat dan aman sekaligus mendapat konfirmasi tanpa perlu menghubungi Broker via telepon. Pemantauan portofolio dan kondisi keuangan dapat dilakukan dengan bebas dan leluasa melalui menu Portfolio sehingga Investor mengetahui potential profit dari perdagangan secara langsung.

Menu-menu penting lain dalam HOTS, menjadikan Investor dapat dengan lebih efektif dan efisien melakukan keputusan transaksi, dari mana saja dan kapan saja, tanpa batasan geografis. Sehingga memungkinkan Investor memperoleh nilai, benefit dan pengembalian yang lebih optimal.

Mungkin saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai sistem online trading saham yg disediakan eTrading untuk melakukan transaksi saham secara online di bawah ini.

Running Trades & Interrest Stock
Menu ini menampilkan pergerakan transaksi di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) secara real time atau seketika. Pada menu ini pengguna sistem dapat melihat kejadian transaksi (Trade Done) secara Real Time per detik, order book yang dapat melihat posisi harga dan jumlah volume suatu saham. Dan juga di menu ini dapat mengelompokan saham - saham favorit anda dalam satu tampilan, yang pastinya dapat anda tentukan sendiri sahamnya tersebut.

Order
Di menu ini anda dapat melakukan transaksi pembelian saham, penjualan saham, perubahan order ataupun pembatalan order secara langsung. Anda dapat langsung melihat harga saham yang akan anda beli / jual, baik harga terakhir dan tentunya harga yang ditawarkan baik Bid ataupun Offer.

Portfolio
Menu ini berguna untuk membantu Pengguna melihat posisi Portfolio rekening efek yang dimiliki oleh Pengguna. Pada menu ini, Penguna dapat melihat posisi Keuangan dan posisi Saham yang dimiliki secara otomatis dan langsung.

Stock Price
Layar ini menampilkan detail informasi saham seperti current price and bid & offer prices, stock sector, share certificate changes, settlement month, face value, and trading trends of foreign investors.

Chart
Menu ini menampilkan beragam dan kombinasi charts (grafik) yang sangat lengkap untuk keperluan analisis teknikal.
Last date, Pengguna dapat memilih tangal terkini untuk melihat grafik dari suatu saham.
Period, Pengguna dapat memilih periode grafik yang ingin diketahui berdasarkan per transaksi yang terjadi, 1 menit, 3 menit, 5 menit, 10 menit, 15 menit, 30 menit, 60 menit, harian dan bulanan.
Indicator, Terdapat beragam jenis indicator yang dapat digunakan oleh nasabah dalam menggunakan chart ini, seperti Candlestick, MACD, Stochastic fast & slow, Bollinger band, Pivot point dan masih banyak lagi indicator lainnya.

Ketika member eTrading Securities mengalami kesulitan untuk mengakses Internet oleh karena sesuatu hal,member eTrading Securities tetap dapat melakukan transaksi sahamnya dengan menghubungi by phone divisi dialing room eTrading Securities dimana nantinya mereka meminta kode tertentu untuk memastikan bahwa benar member itu sendiri yang melakukan order dan bukan orang lain sehingga segala sesuatunya dapat berjalan dengan aman,dan nyaman di eTrading Securities.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar